Posted by : cecep Thursday 6 August 2015

Melanjutkan postingan minggu sebelumnya yang membahas dalam mendesain logo, kali ini saya akan berbagi tips dan trik menang kontes mendesain logo di 99designs.
Dalam suatu kontes yang diselenggarakan oleh situs-situs terkemuka di dunia maya, pastinya banyak persaingan dalam meraih kemenangan atau mencapai posisi winner, kita sebagai desiner awan tidak salahnya meniru gerak-gerik desainer profesional itu, pengalaman saya dalam 6 bulan terakhir, awalnya saya sendiri dalam mengikuti kontes di 99designs yang saya kejar adalah nominal yang telah diberikan oleh penyelenggara kontes yang akhirnya di dapat hanya tendangan atau disebut eleminasi.

Dari enam bulan tersebut, kurang lebih 300 kontes saya ikuti, tetapi tidak satupun kontes yang goal (winner) "sungguh malang nasibku". jangankan jadi pemenang jadi finalispun tidak ada satupun.
Selang beberapa hari kemudian, karena penasaran akan kontes tersebut, saya sendiri akhirnya mencari informasi dari sahabat-sahabat tentang tips agar jadi pemenang dalam kontes tersebut. Akhirnya usaha itu dalam hitungan hari saya masuk finalis dan langsung dipilih jadi pemenang, walaupun kali pertama menang itu hanya price 200 dolar, lumayan untuk mengganti rasa sakit dan bayar bulanan internet.


Gambar di atas adalah kemenangan pertama saya pada kontes desain logo, saat itu saya di pilih salah satu dari 110 designer menjadi finalis, di 99designs ini tahap finalis hanya di ikuti oleh 6 orang desainer saja. paling aneh di sini karena saya punya tips dan trik jitu, meskipun rating yang di berikan oleh  CH kepada desainer lainnya banyak diberi rating besar( di 99designs nilai terbesar bintang 5/disebut rating) tapi karena jitunya nya trik ini, saya tidak dapat nilai rating tersebut bisa masuk finalis. 

Gambar di atas adalah e-mail pemberitahuan dari manager 99designs yang isinya "selamat anda terpillih dari 11designer". Setelah jelang beberapa hari saya mendapatkan e-mail lagi yang isinya "anda jadi pemenang kontes ini" dan si CH menyukai 3 orang desainer dan dipilih 3 pemenang sekaligus.

Gambar di atas adalah pemberitahuan dari dari 99designs bahwa saya jadi pemenang kontes tersebut dan mendapatkan hadiah sebesar 200 dolar.
Singkat cerita di atas adalah sebagian dari awal terus menerusnya kemenangan saya di 99designs.

Inilah tips dan trik dari pengalaman saya menang kontes mendesain logo di 99designs :
1. Pilihlah kontes yang menurut anda mampu membuatnya
    dalam hal ini meskipun hanya sebuah tulisan dengan logo lingkaran tapi sesuai dengan tema, insya     allah anda pasti dihargai, dan tidak menutup kemungkinan jadi finalis/ memenang.

2. Cermati dan pahami designs brief.
    Designs brief disini adalah panduan singkat dari CH untuk para desainer, agar mereka mengerti 
    tujuan dari logo tersebut( luangkan waktu untuk beberapa kali membaca designs brief tersebut)

3. Jangan meremehkan feedback dari CH
    Dalam hal ini biasanya jika si CH tertarik akan desain kita, si CH akan memberikan komentar 
    kepada desain kita, biasanya dalam hal warna atau penambahan logo/perubahan logo.
    Usahakan umpan balik ini menjadi awal perkenalan, sambut si CH dengan balasan yang sopan, 
    ikuti perintahnya, sampai si CH memberikan lagi umpan balik.

4. Rating 5 bukan patokan pasti jadi pemenang
    Nilai di sini yang disebut rating janganlah kita tergiur, atau hanyut dalam suasana kita pasti 
    menang, di sana masih banyak desainer yang siap menggempur kontes tersebut. Tidak menutup 
    kemungkinan juga rating teratas ini bisa jadi pemenang, dengan alasan si CH sudah tidak pindah
    kelain hati. Usahakan konsentrasi pada logo kita saja.

5. Carilah kontes blind/ buta.
    Kontes blind/ buta biasanya kita akan nyaman bekerja di sini, karena desain kita tidak bisa di 
    lihat atau ditiru oleh musuh kita/ desainer lainnya. Anggap kita bekerja sendirian.

6. Pilih kontes garansi
    Dalam kontes ini biasanya kita telah di jamin oleh 99designs, bahwa kontes yang kita ikuti, pasti 
    di bayar sesuai harga yang telah ditentukan oleh si CH. 

7. Konsisten bekerja
    jadilah desainer yang selalu pantang menyerah, setelah kalah pasti ada kemenangan, hanya yang 
    kalah yang tidak punya semangat selalu beranggapan setelah kalah pasti menuju kematian 
    semangat

8. Berdoa
    Jangan lupa berdo'a karena hanya doa yang bisa membuat kita jadi pemenang atas izin Allah 

Mungkin cukup sekian tips dan trik dari saya, semoga ada manfaatnya bagi sahabat blogger semua khususnya bagi sahabat 99 designs
    


Welcome to My Blog

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © cara mendesain logo cepat dan dapat -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -